Tips Mengelola Keuangan Untuk Pernikahan Agar Tidak Membengkak

Ketika dua orang yang sudah mantap untuk hidup bersama maka langkah terakhir dalam menjalani hubungan ialah dengan melangkah ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Pernikahan menjadi impian setiap pasangan karena pada dasarnya tujuan dalam menjalin hubungan ialah menikah. Namun terkadang, ada banyak sekali hambatan dan rintangan yang harus di hadapi oleh pasangan ketika keinginan menikah muncul. Salah satunya ialah masalah keuangan atau dana pernikahan.

 Mengelola Keuangan Untuk Pernikahan

Ketika dalam hati telah ingin menikah, biasanya yang pertama di perhatikan ialah apakah keuangan yang di miliki cukup untuk menggelar acara pernikahan? Keuangan memang kerap kali menjadi momok dan masalah tersendiri bagi beberapa pasangan yang memang ingin menggelar moment spesial mereka namun kondisi keuangan di rasa kurang. Setiap pasangan yang ingin segera menikah pada dasarnya pasti juga berusaha mengumpulkan dana untuk membiayai hari besar itu. Namun memang bagi beberapa pasangan yang penghasilannya tidak besar maka rasanya sulit jika harus mengumpulkan dana sebesar itu.

Melakukan pengajuan hutang atau pinjaman dana pernikahan terkadang menjadi pilihan yang di ambil oleh beberapa pasangan. Apalagi jika pernikahan harus segera di laksanakan yang biasanya terjadi karena “kecelakaan” namun memang tidak semua seperti itu. Ada beberapa produk kredit yang memang bisa di gunakan untuk membiayai biaya pernikahan. Biasanya cukup menggunakan jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor saja, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman dana tersebut. Memang tidak dalam jumlah yang besar, namun bantuan dana tersebut di anggap cukup membantu memenuhi kebutuhan biaya pernikahan.

Pada dasarnya menikah adalah suatu ibadah yang bisa di lakukan ketika suatu pasang manusia telah siap dan mampu untuk mengemban tugas sebagai suami dan istri. Konsep dari pesta pernikahan sejatinya adalah sebuah acara untuk memberikan informasi kepada khalayak atau masyarakat bahwa si A dan B telah resmi menikah agar terhindar dari adanya fitnah di antara keduanya. Namun memang, karena menikah adalah suatu hal dan moment yang spesial dan di harapkan hanya sekali seumur hidup maka tidak ada salahnya jika pernikahan tersebut di gelar dengan penuh kemeriahan. Namun perlu di ingat bahwa tidak ada suatu keharusan untuk menggelar acara pernikahan apalagi dengan meriah. Jika Anda mampu maka bisa Anda melakukannya namun jika tidak mampu, hanya memenuhi rukun dan syarat dalam sebuah pernikahan saja pun sudah cukup.
            Bagi Anda yang ingin mengadakan acara pernikahan yang cukup meriah namun kondisi dana dan keuangan mepet atau hanya pas- pas an maka Anda bisa menggunakan tips dan trik berikut ini untuk mengatur dan mengelola dana pernikahan agar bisa lebih irit dan tidak membengkak. Selamat menyimak.

Susun Anggaran Pengeluaran.
Karena tujuan kita ialah mengatur dan mengelola keuangan agar dananya bisa di gunakan dengan tepat maka hal pertama yang di lakukan ialah dengan membuat sususa anggaran belanja keperluan pernikahan yang di butuhkan. Tuliskan jumlah dana yang Anda miliki kemudian tuliskan pula semua biaya yang Anda butuhkan dalam acara pernikahan Anda. Usahakan Anda tidak menuliskan biaya- biaya yang sebenarnya tidak terlalu di butuhkan. Alokasi tersebut bukan hanya kebutuhannya saja melainkan juga kisaran dana yang kira- kira di butuhkan untuk belanja keperluan tersebut.

Anda harus menentukan terlebih dahulu seberapa besar acara pesta pernikahan Anda dan berapa banyak tamu yang akan Anda undang. Saya sarankan jika memang kondisi keuangan Anda mepet, jangan di paksakan untuk membuat pesta yang besar dan banyak tamu undangan. Prioritaskan keluarga saudara dan sejumlah teman dekat saja. Karena jika Anda memaksakan kehendak untuk mengadakan pesta yang besar dan tamu yang banyak namun tidak memiliki dana yang cukup, di khawatirkan ketika acara pernikahan membutuhkan dana untuk membeli ini itu, Anda tidak mampu, hal tersebut malah menjadi suatu kekurangandan mengecewakan tamu undangan.

Makanan
Makanan adalah kebutuhan yang paling penting dalam acara pesta pernikahan. Setiap pasangan yang menikah dan mengadakan acara pernikahan pasti ingin memanjakan tamu undangan dengan makanan atau hidangan yang enak dan lezat. Anda bisa meminta saran dan referensi dari keluarga dan saudara mengenai hidangan ini. memang, jika menginginkan masakan yang enak dan lezat maka catering yang di gunakan pasti sudah profesional dan terkenal. Namun jangan lupa bahwa Anda hanya mempunyai anggaran dana yang tidak banyak. Maka dari itu Anda bisa melakukan survei untuk membandingkan rasa makanan dan juga harganya.
Tak perlu yang mahal, jika menurut Anda makanan tersebut sudah pantas dan tidak mengecewakan dengan harga yang murah maka bisa saja Anda memilihnya untuk lebih menghemat pengeluaran. Ingat sesuaikan dengan kebutuhan yaitu jumlah tamu undangan dan sesuaikan dengan dana yang Anda miliki!

Cari Paket Pernikahan.
Ada beberapa alternatif atau cara yang bisa di lakukan untuk menghemat biaya pernikahan, saah satunya ialah dengan mencari paket pernikahan. Paket pernikahan biasanya terdiri dari gedung, catering atau makanan dan tata rias penganten sekaligus dekorasi. Paket pernikahan seperti ini sekarang sudah banyak yang menawarkannya. Anda bisa memilih paket pernikahan yang pas dan sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Paket pernikahan ini biasanya juga akan di sesuaikan dengan tamu undangan yang Anda miliki. Harganya pun beragam.
Jika Anda ingin menentukan apakah akan menggunakan jasa paket pernikahan atau tidak untuk menghemat biaya, Anda sebelumnya bisa mencoba menyusun anggaran untuk semua keperluan Anda, apakah anggaran tersebut lebih besar dari harga paket pernikahan atau tidak. Tentu harganya pasti lebih tinggi jika Anda mengatur sendiri- sendiri. Anda harus tau bahwa jika Anda menggunakan paket pernikahan kelebihannya Anda tidak perlu repot mondar- mandir untuk mengurusi semua itu karena untuk kebutuhan utama seperti gedung, catering, tata rias dan dekorasi sudah ada yang mengurusnya. Anda hanya akan mengurus kebutuhan seperti undangan, souvenir (jika menggunakan) dan lain- lain.

Bekerja sama.
Bagi Anda yang mempunyai banyak saudara dan keluarga maka Anda bisa minta bantuan mereka untuk membantu cara pernikahan yang akan Anda gelar. Anda juga harus siap bekerja keras agar acara pernikahan Anda bisa terlaksana. Hal ini selain bisa membantu pekerjaan Anda juga bisa mempererat tali persaudaraan di mana ketika ada yang merasa kesusahan saudara akan saling tolong menolong.

Jangan enggan atau sungkan untuk meminta bantuan kepada keluarga teman atau saudara karena mereka pasti juga akan menolong sahabat, keluarga atau saudaranya juga bukan?

Kelola Dengan Benar
.

Banyak cara yang bisa di lakukan untuk menghemat biaya pengeluaran untuk pernikahan. Tips di atas hanyalah sebagian. Yang paling penting dari acara pernikahan yang akan di gelar adalah bahwa semua orang bisa senang dan bahagia untuk pernikahan Anda. acara yang di buat dengan sederhana tetapi di hadiri oleh orang- orang yang di sayangi tentu lebih membahagiakan. Semoga bermanfaat. 

Bila mana anda masih bingung atas dana pernikahan anda karena masih kurang, anda bisa mengunjungi: Pinjaman dana tunai untuk biaya pernikahan

CONVERSATION