Kenali dan Ketahui Istilah- Istilah Dalam Investasi Unit Link

Inovasi dan jenis investasi terbaru sekarang ini menyedot perhatian banyak orang yaitu Investasi Unit Link. Jenis investasi yang satu ini memang belum banyak yang mengetahui dan menjalankannya karena investasi unit link ini tergolong jenis investasi yang baru. Berbeda dengan investasi jenis lainnya yang sudah banyak di lakukan oleh para investor, investasi unit link ini mempunyai mekanisme yang sedikit berbeda. Namun sebelum itu kita perlu mengetahui apa itu investasi unit link?
istilah dalam Investasi Unit Link


Investasi unit link sebenarnya ialah jenis asuransi namun juga bisa di katogorikan sebagai investasi yang menguntungkan. Jadi, selain Anda bisa melakukan asuransi, Anda sekaligus bisa melakukan investasi. Dengan karakteristik tersebut sepertinya yang membuat jenis investasi unit link ini menjadi di minati. Namun jika Anda tertarik berinvestasi unit link ini maka untuk pengetahuan dan wawasan lebih dalam mengenai investasi unit link, kami berikan beberapa istilah yang terdapat dalam investasi unit link sehingga Anda mudah memahami dalam menjalankannya.

Basic Contribution dan Top up
Basic contribution atau yang di sebut dengan kontribusi dasar ialah biaya atau pembayaran kontribusi yang harus di bayarkan oleh nasabah atau peserta asuransi yang berkaitan dengan perjanjian dalam asuransi. Sedangkan yang di maksud dengan top up ialah bagian dari pembayaran kontribusi yang di masukkan ke rekening investasi kemudian di investasikan di instrumen investasi syariah yang sudah di tentukan.

Sigle contribution
Yang di maksud dengan single contribution ialah iuran atau biaya yang wajib di bayar oleh peserta namun hanya satu kali dan tujuan dari biaya ini adalah untuk investasi. Single contribution ini cukup besar biasanya kurang lebih 10 juta rupiah. Namun janfan khawatir karena kontribusi tunggal ini di gunakan untuk kepentingan investasi. Jadi, ujrah investasi ini hanya sekali dan akan di investasikan pada instrumen investasi yang telah di kehendaki oleh peserta.

Regular Contribution
Seperti namanya regular contribution, ialah iuran atau kontribusi yang harus di bayarkan oleh peserta dengan jangka waktu berkala atau bertahap. Untuk jangka waktu pembayarannya, peserra bisa memikih apakah setiap bulan, setiap tiga bulan, setiap enam bulan atau setahun. Begitu pula dengan komposisi pembayaran, peserta juga bisa menentukan sendiri berapa besaran untuk badic contribution dan berapa untuk top up.

Iuran Tabarru’
Nah untuk iuran yang satu ini ialah iuran yang benar- benar di gunakan untuk kepentingan asuransi. Iuran tabaru' ini ialah iuran yang di berikan atau di hibahkan kepada peserta lain untuk kepentingan saling menolong. Hal ini seseuai dengan prinsip yang terdapat pada asuransi syariah yaitu ta'awun atau tolong menolong dan takaful yang artinya saling menanggung. Biasanya, iuran tabaru' ini di bayarkan setiap bulan. Untuk besaran biaya iuran tabaru' ini setiap peserta berbeda- beda. Faktor yang mempengaruhi besarnya iuran tabaru' ini ialah jenis kelamin, usia, hobi, riwayat kesehatan dan sebagainya.

Riders
Riders ini ialah asuransi tambahan di luar asuransi dasar. Untuk riders ini masing- masing lembaga berbeda dan biasanya berupa pertanggungan terhadap cacat fisik (tetap), penyakit parah, atau hal- hal yang bisa terjadi oleh peserta. Karena adanya riders atau manfaat tambahan ini jadi kontribusi tabarru' yang di bayar tentu juga lebih besar.

Surplus / defisit underwriting
Surplus underwriting ini terjadi karena perhitungan dari dana tabarru' yang di bayarkan dengan jumlah keseluruhan atau total pengeluaran. Jika terjadi surplus maka dana tersebut akan di cadangkan. Namun bisa juga di berikan kepada peserta lain yang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku arau bisa juga fi bagikan kepada perusahaan.

Itulah beberapa istilah- istilah yang terdapat pada investasi unit link. Kenali dan ketahui agar Anda lancar dalam menjalankannya. Semofa bermanfaat  

CONVERSATION