Ingin Investasi Reksa Dana Online? Ini Tips dan Cara Membelinya

Investasi reksadana online: Siapa yang belum pernah melakukan perbelanjaan online? Hampir semua orang telah mencoba dan melakukannya atau paling tidak menggunakan fasilitas online. Ya, fasilitas online sekarang ini lebih di gemari oleh masyarakat. Baik untuk berbelanja maupun untuk kegiatan yang lain. mengapa banyak yang menyukai berbelanja secara online? Karena berbelanja secara online di rasa lebih mudah dan lebih praktis. Hanya dengan menggunakan ponsel pintar Anda pun sudah bisa melakukan transaksi jual beli secara online. Hanya dengan klik saja, Anda suah bisa membeli barang yang Anda inginkan. Mudah bukan?

Anda tidak perlu pergi di toko yang menyediakan barang tersebut. Anda bisa memilihnya di rumah melalui ponsel pintar Anda. Baju, sepatu, tas, bahkan kuliner sekalipun Anda bisa membelinya secara online. Toko online sekarang bahkan lebih banyak dari pada toko offline. Terleoas dari berbelanja online, bukan hanya barang saja yang bisa di beli melalui online. Sekarang ini reksadana mempunyai fasilitas baru yang memudahkan para investor yaitu dapat membeli reksa dana secara online (investasi reksadana online) . Reksa dana adalah suatu produk investasi yang ada di pasar modal yang tergolong aman, harganya yang tidak terlalu mahal, memiliki resiko yang rendah dan menjanjikan imbal hasil atau keuntungan yang lebih baik dari produk investasi lain seperti deposito.

investasi reksadana online
Investasi reksadana online

Memang untuk reksadana tidak bisa menjanjikan keuntungan seperti investasi saham. Namun di banding produk investasi yang lain, reksa dana ini lebih baik dan menguntungkan. Ada banyak tempat yang menyediakan penjualan reksa dana yaitu seperti supermarket atau bisa juga melalui manajer investasi. Namun kini para investor lebih di mudahkan dengan menyediakan fasilitas online. Hampir sama dengan mekanisme berbelanja online, Anda busa membeli atau melakukan transaksi investasi reksa dana dengan ponsel pintar Anda dengan pilihan yang sudah di sediakan di website atau situs resmi reksadana.
Melakukan transaksi investasi reksa dana melalui online sekarang ini banyak di pilih oleh para investor. Namun sebelum Anda melakukan sesuatu tentu akan lebih baik jika Anda memperhatikan dan tips dalam melakukan transaksi investasi reksa dana. Berikut kami berikan beberapa tips dalam melakukan transaksi investas reksadana online. Selamat menyimak.

Ketahui Produk Investasi ReksaDana Online.

Hal pertama yang bisa Anda pertimbangkan dalam melakukan transaksi investasi reksa dana adalah dengan mengetahui apa saja produk investasi reksa dana dan memastikan produk investasi yang akan Anda pilih. Pastikan Anda sudah tahu mengenai produk investasi yang akan Anda pilih ada dalam situs atau website yang di sediakan tersebut. jika bagi para investor yang sudah berpengalaman dalam bernvestasi reksa dana maka hal ini tidak begitu penting. Namun terkhusus bagi pemula dalam investasi reksa dana yang belum pernah melakukan investasi sama sekali maka hal ini menajdi penting untuk di lakukan. Hal ini di lakukan agar Anda terhindar dari penipuan yang berkedok investasi reksa dana ini.
Sudah di sebutkan sebelumnya bahwa sebenarnya selain online transaksi investasi reksadana  online ini juga bisa melakukannya ke manajer investasi. Kelebihan dari manajer investasi ini yang profesional yaitu investasi reksa dana Anda di kelola dengan baik karena meeka tentunya profesional dan bekerja lebih baik. Tugas dari Manajer Investasi (MI) adalah melakukan riset dan survei, melakukan analisa harga efek dan juga melaporkan laporan portopolio efek untuk investasi Anda. Reksa dana ini bisa Anda beli dengan harga yang cukup terjangkau yaitu hanya dengan Rp 100.000. Namun meskipun demikian, Anda juga harus mengetahui aturan mengenai Investasi pembelian reksadana online. Mengapa? Karena reksa dana bukan investasi yang di jamin oleh bank dan juga tidak di cakupan objek program pemerintah sehingga Anda sangat penting untuk membaca dan mengetahui resiko reksa dana sebelum melakukan transaksi investasi reksa dana tersebut.

Ketahui Rincian Dari Jenis Investasi ReksaDana Online

Setelah Anda sudah memastikan untuk membeli produk reksa dana Anda juga perlu untuk mengetahui jenis dan cara kerja dari produk reksa dana yang Anda pilih. Anda harus mengetahui dan memahami rincian dari investasi reksa dana yang Anda pilih seperti tujuan dan jangka waktu dalam melakukan investasi tersebut. Investasi reksa dana ada banyak jenis yang di bedakan berdasarkan aset yang di kelola yaitu terdiri dari investasi reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan. Anda akan menerima unit investasi yang di hitung dari jumlah yang di beli dan nilai NAB atau jumlah dana yang di kelola dalam suatu reksa dana. yang menjadi salah satu indikator dari permorma reksa dana adalah NAB.
Usahakan Anda pilih jenis reksa dana yang tepat dan sesuai dengan tujuan investasi reksa dana. Anda bisa membandingkan antar jenis produk investasi dan mengetahui kelebihan dan kelemahan dari setiap jenis investasi reksa dana yang Anda bandingkan tersebut. Ketika Anda sudah membandingkan jenis reksa dana tersebut maka Anda bisa menentukan dan memilih jenis reksa dana yang tepat. Selain membandingkannya, sesuaikan dengan karakter Anda dan tujuan investasi Anda.
ReksaDana saham merupakan investasi jangka panjang dengan minimal jangka waktu 5 tahun dan menjanjikan keuntungan yang besar. selain itu, investasi saham termasuk investasi yang tidak mengharuskan menyetorkan dana yang rendah. Berbeda dengan reksa dana saham, reksa dana campuran termasuk reksa dana yang memiliki jangka waktu menengah yaitu 3 hingga 5 tahun. Memang, reksa dana ini termasuk reksa dana yang memberikan pertumbuhan lebih tinggi dari reksa dana obligasi. Berbeda lagi dengan reksa dana pendapatan. Reksadana ini termasuk investasi dengan jangka waktu menengah yaitu satu hingga 3 tahun. Dan jenis reksa dana ini memberikan keuntungan yang lebih besar dari suku bunga di pasar uang. Sedangkan Reksa dana pasar uang, jenis reksa dana ini termasuk investasi jangka pendek yaitu hanya berkisar 1 hingga kurang dari 1 tahun saja. tidak seperti reksa dana lainnya, investasi reksa dana ini bisa di sepantarkan dengan sertifikat deposito dan semacamnya.

Pelajari Cara Membelinya.

Setelah mengetahui produk Investas reksadana dan menentukan jenis reksa dana yang akan investasikan maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengetahui bagaimana cara dalam membeli reksa dana secara online. Mengapa hal ini penting? Anda bisa melakukan pembelian reksa dana ini di beberapa tempat yaiu di perusahaan yang menyediakan produk reksadana tentunya melalui atau secara online. Proses pembeliannya sebenarnya hampir sama, namun tentu setiap tempat dan perusahaan penyedia produk reksadana memiliki ketentuan yang berbeda dalam mengatur pembelian reksa dana secara online. Anda bisa memilih dan menentukan membeli reksa dana di Indo Premier Securities,  Phillip Securities atau di Bank Commonwealth. Semoga bermanfaat.


CONVERSATION