Bisnis Properti Menjanjikan Sekaligus Investasi Yang Menguntungkan.

Tentu anda pernah mendengar tentang bisnis properti bukan? Ya, bisnis properti adalah bisnis yang menjanjikan dan sekarang sedang populer. dan telah banyak yang sudah sukses menjalani bisnis  ini. seperti namanya, bisnis properti tentunya berkaitan dengan properti seperti tanah, rumah, ruko, dan masih banyak yang lain. Sebenarnya bisnis ini cakupannya sangat luas. Namun yang sering dijadikan bisnis adalah properti yang umum seperti rumah, tanah dan lain-lain. Bisnis properti ini sebenarnya bisa dijalankan dengan modal yang sedikit atau bahkan tanpa modal. Jika anda mengetahui caranya tentulah bisnis ini akan sangat menguntungkan. Mengingat saat ini kebutuhan akan properti khususnya berupa rumah semakin meningkat. Dan harga dari properti itu sendiri yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tentu ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan menghasilkan. Jangan heran jika banyak pengusaha yang sukses dengan menjalankan bisnis semacam ini. untuk anda yang ingin memulai bisnis ini, anda sebaiknya memulainya dari hal kecil dan dari lingkurang sekitar anda dahulu saja. Jika sudah mahir, anda akan bisa mengembangkannya menjadi usaha yang besar dan menjadi sumber penghasilan anda.
bisnis yang menjanjikan


Peluang bisnis yang satu ini memang terlihat rumit, namun sbeenarnya ini sudah dilakukan oleh banyak orang pada jaman dahulu. Contohnya saja sewa menyewa rumah atau kos kosan. Jangan anda kira bisnis properti hanya bisnis seputar jual beli rumah atau tanah. Sewa menyewa rumah atau kos-kosan pun juga disebut sebagai bisnis properti.
Nah, untuk kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bisnis properti yaitu dengan menyewakan properti. Berikut ini cara jitu untuk sukses dengan menjalankan bisnis sewa properti. Selamat menyimak.

  • Tentukan sasaran atau target pasar

Langkah awal yang harus anda lakukan dalam menjalankan bisnis sewa properti ini adalah menentukan sasaran atau target pasar bisnis anda. Sebenarnya langkah ini merupakan langkah umum yang diambil oleh para pengusaha dalam memasarkan produknya atau yang sering disebut dengan manajemen pemasaran. Dalam menentukan sasaran atau target pasar anda harus mengetahui potensi yang ada di beberapa daerah sasaran. Tentukan sasaan atau target pasar yang memiliki peluang besar untuk mennjalankan bisnis sewa properti anda. Sasaran atau target yang pas dan cocok untuk usaha bisnis sewa properti anda adalah misalnya untuk perumahan anda bisa menentukan para keluarga baru dan para karyawan atau pegawai. Karena biasanya para keluarga yang baru menikah sangat membutuhkan properti berupa rumah atau apartemen sebagai tempat tinggal. Dan untuk karyawan, sekarang ini perumahan sudah sangat marak dan populer sekali jadi untuk karyawan baik yang sudah berkeluarga atau belum pasti akan menjadi target pasar yang tepat dan peluang besar bagi bisnis sewa properti yang sedang anda jalankan.

  • Tentukan harga sewa dari properti anda

Langkah kedua yang harus anda lakukan setelah menentukan sasaran atau target pasar adalah menentukan harga sewa dari properti yang anda miliki. Tentukan harga sewa yang relatif atau sesuai dengan harga pasar. Jangan menerapkan harga yang terlalu tinggi karena menjadi resiko bisa jadi tidak ada yang tertarik dengan bisnis properti yang anda tawarkan. Namun juga jangan terlalu rendah dalam menentukan harga sewa karena itu justru akan merugikan anda sendiri. Dalam menentukan harga sewa properti anda juga harus melihat kondisi yang ada disekitarnya dengan melakukan survei karena dengan mengetahui kondisi yang ada disekitarnya atau harga pasar akan lebih memudahkan anda dalam menentukan harga sewa yang kompetitif. Dengan penentuan harga yang pas dan sesuai, akan menjadi tolak ukur kesuksesan anda dalam menarik perhatian calon penyewa. Jika anda ingin menentukan harga yang lebih tinggi dari harga pasar, anda juga harus memberikan fasilitas yang lebih pula karena harga yang tinggi memiliki banyak resio. Namun jika boleh menyarankan, jika anda baru saja memulai bisnis ini menentukan harga yang relatif dan kompetitif menjadi pilihan yang sangat tepat.

  •  Buat surat perjanjian

Langkah selanjutnya yang menjadi tips dan trik menjalankan bisnis sewa properti ini adalah membuat surat perjanjian. Kapan anda membuat surat perjanjian? Surat perjanjian ini dubuat ketika telah ada kesepakatan yang timbul dari anda si pemiliki properti dengan penyewa properti tersebut. Perjanjian ini dibuat berupa hitam di atas putih atau secara tertulis dan harus anda tanda tangan kedua belah pihak yang bersangkutan yang menjadi bukti adanya kesepakatan yang mengikat keduanya. Isi surat perjanjian tersebut adalah hak dan kewajiban oleh masing-masing pihak dan berupa aturan yang harus dipenuhi atau dilakukan oleh kedua belah pihak. Surat perjanjian ini bersifat mengikat atau tidak bisa dibatalkan oleh salah satu pihak. Sertakan juga perincian dari harga sewa properti yang anda tawarkan seperti biaya listrik dan air. Karena biasanya hal tersebut yang menjadi pertanyaan sekaligus pertimbangan penyewa dalam menentukan apakah bersedia untuk menyewa atau tidak. Untuk anda penyedia jasa sewa properti, sebaiknya anda mencantumkan juga batas waktu pembayaran uang sewa yang kemudian disepakti bersama sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya konflik nantinya.

  • Berikan pelayanan yang baik

Hal terakhir yang menjadi cara jitu dalam menjalankan bisnis properti adalah masalah pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan yang sering menentukan si penyewa properti anda betah atau tidak dan tentu akan mempengaruhi hasil yang anda peroleh. Berikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabah atau pengguna jasa sewa properti anda. Dengan pelayanan yang baik, tentu akan memberikan kesan kenyamanan dan keamanan tersendiri kepada para penyewa. Tidak perlu repot dalam masalah pelayanan. Dengan anda memastikan asilitas yang anda tawarkan sesuai dengan kenyataannya yaitu tidak ada yang rusak itu sudah merupakan pelayanan yang baik. Akan tetapi lebih baik lagi jika anda memberikan pelayanan atau penawaran yang lebih seperti akan melakukan service bangunan bisa berupa cat rumah atau yang lainnya. Hal itu sudah cukup membuat penyewa properti anda nyaman dan senang bekerja sama dengan anda. maka dari itu, jika anda telah membuat kesepakatan sebaiknya anda penuhi apa yang ada di dalam kesepakatan, juga tak lupa memberikan pelayanan yang memuaskan kepada penyewa properti anda sehingga mereka betah bekerja sama dengan anda tentunya akan menguntungka anda juga.

 Lihat juga tips berbisnis modal usaha dari pinjaman

Keempat hal di atas merupakan tips atau cara jitu untuk sukses dengan bisnis atau usaha sewa properti. Sebenarnya masih ada tips yang lain. Namun itu adalah hal yang paling mudah anda lakukan jika anda memutuskan untuk menjalankan bisnis sewa properti ini. Yang harus anda ketahui adalah bisnis ini akan sangat menguntungkan dan menajdi sumber penghasilan jika anda bisa menjalankannya. Sangat mudah kan memulai bisnis properti? Anda tertarik untuk mencobanya?

CONVERSATION